Tuesday, April 15, 2008

Yaaawwwnnnn

Kemarin Felicia sakit.  

Waktu dikantor, sekitar jam 4:30 dan lagi sibuk sibuknya dengan persiapan pameran minggu depan, mendadak dicari operator.  "Bu Vivi, ada telepon dari Ambengan".  Hhhh....apalagi?  apa mungkin mama yang dari siang tadi telepon tapi nggak sempat ta'jawab?  Apa mungkin Yanti minta ijin kerumah saudara/pacar/de el el nya?  Apa mungkin suster, minta ijin pulang untuk selametan satu tahun meninggalnya suaminya?  memang pernah bilang sih kalo dia mau minta ijin, tapi aku sudah lama lupa...

Kalau boleh milih, aku lebih suka bilang, "Lagi sibuk, suruh telpon lagi ntik".  Tapi sejak Felicia lahir, aku sudah janji kalo semua telepon dari Ambengan harus langsung aku terima.  

Ternyata Yanti, bilang kalau susternya mau bicara.  Hhhhh....

"Nik, ini, tadi Felicia bangun tidur sore badannya sumer"

Deg

Aku yang lagi suntuk, leherku capek, mataku perih terlalu lama didepan komputer, tenggorokan kering karena gak sempat minum, semua mendadak nggak terasa lagi.  Felicia sakit.  semua yang sudah tertata dan terjadwal harus selesai hari itu mendadak nggak penting lagi.  Aku nggak inget gimana aku nutup telpon.  Yang aku tau, sedetik setelah itu aku telpon kantornya Mink, "Ko, Felicia sakit, kita pulang sekarang".

Sampe rumah jam 5:20 sore.  Mama sudah sampe duluan, lagi gendong Felicia.  Anakku yang biasanya selalu ketawa en teriak teriak, waktu itu lemes.  Mukanya kemerahan.  Begitu liat Mink, dia langsung senyum senyum lagi.  tapi nggak se-semangat hari hari sebelumnya.

Terus setelah aku ganti baju, aku gendong Felicia.  Kaget setengah mati.  Badannya gak sumer, tapi panas.  Kepalanya, pipinya, tengkuk leher, tangan, kaki, punggung.  panas.  Matanya juga berkaca-kaca, padahal dia nggak nangis.  

Kita ke dokter Daniel di Jalan Bintoro.  Baru Jumat lalu kesana untuk vaksinasi.  Baru jumat lalu aku ketawa liat Felicia mewek and nangis keras keras, terus intensitas tangisannya ningkat waktu celananya dipelorot en dipegangi, dan akhirnya waktu jarumnya disuntikkan, dia bukan nangis lagi, tapi teriak sampe mukanya merah-rah.  Setelah disuntik, dia nangis sesenggukan.  tapi waktu itu aku ketawa.  Bukan jahat atau sadis.  Tapi bangga....hehehehe, anakku udah besar.  Udah mulai terbentuk emosinya, udah mulai ngerti takut, sakit, gak suka, dan mulai bisa antisipasi semua itu.  Aku masih inget waktu dia umur 3 bulan.  Disuntik di dokter, nangis aja gak, matanya cuman berkerut liat dokternya dan bilang, "AH!"  

Anyway, sore kemarin waktu balik ke dokter itu dia seperti biasa, mulai lihat-lihat sekelilingnya.  Kayanya ingatan buruk terlintas, soalnya setelah itu dia mulai nangis lagi hahahaha...pas diperiksa dokternya dia nangis keras banget, tapi gak teriak kaya jumat kemarin.

Dokter bilang, dia gak sakit pilek atau tenggorokan.  Dia kena virus, katanya virus itu biasa didapat anak kecil kalau dibawa ketempat umum yang hawanya kurang bersih.  Memang sih, minggu kemarin bawa Felicia ke toko bayi Suzanna.  Rencananya beli susu, tapi karena kosong, malah akhirnya beli mainan (lagi) buat Felicia.  Rencana lain beli mainan buat anak temennya ko Ming Ming yang ultah sabtu ini malah gak kesampaian hehehehe.  

Felicia awalnya nangis Minggu itu, mungkin inget pas dia dibawa ke tempat dokter jumat sebelumya.  tapi terus pas ditunjukin mainan - mainan, dia baru mau berhenti nangis, walaupun masih mewek mewek.  Sampe dia liat boneka gajah biru yang kalo ditarik belalainya bisa ngeluarin lagu lagu.  dia mulai senyum.  Terus liat boneka panda yang gedenya se-dia en warna biru laut,dia mulai cekikikan.  

Karena susunya gak ada, kita hari Minggu itu lanjutin ke GM.  Beli susu di 99 Ranch Market.  begitu dapet langsung pulang.  dari berangkat sampe ke rumah sekitar 3 jam.  Felicia seneng di Mobil, liat liat.  Gak mau di tidurin, sampe sangking ngantuknya dia akhirnya ketiduran sambil duduk....hehehe...

Anyway, sapa nyangka kalo 3 jam keluar hari minggu, senin sore langsung panas?  Dokternya suruh kasih Panadol tetes buat anak.  Sepanjang perjalanan pulang panasnya sedikit turun, tapi tetep panas.

Sampe rumah, kita mulai kompres pake handuk dingin.  Aku sediain ember satu disebelahku yang diisi air sama es batu.  Dia kaget waktu handuk dingin itu pertama kali aku taruh dikepalanya, tapi gak protes.  Aku pake in baju lengen pendek dan celana lengen pendek.

Aku denger, kalo anak kecil panas jangan dibungkus selimut, jangan dibuat supaya begitu panasnya sampe keringet keluar.  Bisa bahaya, kalo panas terlalu tinggi bisa bisa step.  Jadi aku nyalain AC, baju lengen pendek, di kompres handuk dingin, dan sekitar ketiak, pergelengan tangan, selangkang, belakang telinga, sama tengkuk di olesin alkohol.

Felicia tidur, tapi sebentar-sebentar.  Hampir tiap jam bangun.  nangis.  minta gendong.  jadilah aku en susternya gantian.  begitu dia bangun mestinya gak pa-pa.  Jam 11 bangun malah sempat main peek-a-boo en ketawa ketawa.

Tapi badannya tetap panas.  38.3C.  Dia juga gak sesemangat sebelumnya.  

Jam 1 pagi, dia bangun dan nangis keras.  Aku yang tidur dikamarnya langsung loncat kaget.  Pas liat dia, lebih kaget lagi.  Mukanya merah, badannya merah semua, dia nangis kaya kesakitan gitu, pas aku mau angkat, tengkuk en punggungnya puanas bukan main.  dia nangis terus.  dikasih minum gak mau.  

Aku gak pernah liat dia kaya gitu, aku gak tau apa yang salah, mana yang sakit.  Aku gak ngerti dia en dia gak ngerti aku.  Aku mulai ikut nangis.  Sediiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhh deeehhhhhhh....sakitnya ati ini lebih parah dari sakit gara gara patah hati.......

tapi terus aku ganti air di ember sama air baru, en sama es batu lebih banyak.    Pake dua handuk.  Satu buat kompres kepalanya, satu aku taruh diatas badannya.  Begitu handuk itu aku taruh diatas dada dan perutnya yang kecil, dia langsung berhenti nangis.  

Karena dia tenang sedikit, aku nyoba lagi kasih minum.  dia tetep gak mau minum dari botol.  Jadi pertama aku suapin air pake sendok.  Dia keliatan haus banget, tapi pas dicoba lagi pake botol tetep gak mau.  Jadi mesti nyuapin pake sendok.  setelah habis 15CC, aku kasih susunya, dia mulai mau.  Lumayan, habis sekitar 50CC.  Aku bisa rasain kalo panasnya mulai turun.  Untug, aku sudah rencana mau bawa ke UGD kalo panasnya gak turun.  

Setelah selesai minum susu dikasih obat lagi.  Sudah jam 1:30 pagi.  Dia keliatan capek en ngantuk banget, tapi tetep gak bisa tidur.  Sama susternya akhirnya badannya dimiringkan ke samping, terus punggung nya dipijet pijet dikit.  dia ketiduran.  Tapi setiap jam tetep bangun.  kadang haus, kadang minta empeng, kadang cuman minta di tepuk tepuk dikit.  Sekitar jam 4 pagi baru aku bisa tidur nyenyak.  

Jam 5:30 Felicia sudah bangun.  Badannya sudah gak panas walaupun kepalanya masih anget.  

Udah back to her usual self, senyum senyum, matanya sudah jernih, kulitnya putih, gak lagi merah.

As if the previous night never happened.  

Aku sama susternya sudah ngantuk berat.  Tapi liat Felicia semangat jadi ikutan bangun hehehe...

Jam 7:15 pagi bangunin ko ming ming.  Kasian, mesti ke kantor padahal kemarin dia ikut gak tidur sampe jam 1:30.  

Aku akhirnya tidur dari jam 7:30 sampe jam 9 pagi.  Terus  mertua dateng, terus mama dateng.  

Felicia sudah gak pa-pa.  sudah bener bener nggak panas, suhunya normal, makan en minum banyak, ketawa cekakakan, nendang nendang, muter muter di tempat tidurnya, ngoceh ngoceh, mainan ludah...her usual, beautiful self.

Aku jadi inget kerjaan dikantor.  Kalo aku tinggal di rumah juga percuma.  Kalo aku tidur lagi malemnya pasti gak bisa tidur en besok bisa bisa pilekku kambuh.  Akhirnya jam 12:00 pas mertuaku pergi perawatan rambut di Jayanata aku nunut.  Diantar sopirnya ke pabrik.  Sampe pabrik jam 1 siang, terus langsung non stop sampe jam 5 sore ini.

Sekarang ini capek, tapi seperti biasa, kalo aku capeknya melewati batas tertentu, malah gak bisa tidur.  Kaya dulu waktu di Dubai hahahaha....

Malem ini aku mampir ke kamar Felicia, waktu dia sudah tidur.  

Pipinya yang nyempluk sudah nggak anget, jari jari mungilnya sudah nggak panas, kelopak matanya yang cantik sudah nggak merah.  Aku liatin terus muka mungilnya yang bener bener kaya malaikat.  Terkagum kagum sendiri kok bisa ya, punya anak secantik ini hahahhaa..

Gak lama kemudian "AAAAWWWwwwwwww!!!!!" Felicia bangun, nangis.  Nangisnya gak lagi lirih dan kaya kesakitan.  Tangisannya lantang, demanding, dan sebel.  hahahaha....matanya belum buka, tapi kedua tangannya yang walaupun mungil tapi bisa njambak rambut dan njiwit pipiku sampe sakit bukan main itu terbuka lebar.  Pesannya sederhana.

Gendong.  Sekarang.  

My sweet lil daughter.  My beautiful precious one.  Do I really have a choice?

So I hold her, and give thank to God for giving me the privilege of having her as my daughter.

7 comments:

vini said...

hhhh....may be you shold take her out for just an hour max for now. then increase slowly later. consider the environment where you take her. its actually good for her to experience some "dirty" air so she can build the antibody, but maybe she is too young now.

i cant imagine if i were in your shoes....

The Diva said...

I love this post.

aku suka kalo kamu nulis pake bhs INdonesia, kadang2 lebih heartful and full of feeling.
jadi kangen sama Felicia, pasti sakit banget waktu dia kesakitan gitu... tapi bener Vini sih, dia lagi mbangun antibodi nya, waktu panas tinggi itu lagi perang melawan virus.

Coba deh bawa keluar jalan tapi jangan sering2.
Terus kalo panas gitu emang ngga boleh dikekepin dan diselimutin, bener kok.
Di Indonesia ada kompres yang kayak kantong es gitu, bisa ditaruh di kulkas dingin, nggak?
I mean, like a vacuumed pack thingy yang dingin gitu.

kalo ntar aku pulang lagi takbawain deh.
Kantong itu bisa dipakai berulang2 sampe selamanya, aku beli itu di apotik Jerman sini. Dinginnya lebih dingin / efektif daripada handuk es batu, dan nggak sakit cekot2 kayak kalo es batu.
Bentuknya kayak bantal kecil sebesar telapak tangan, empuk isi cairan gel dingin gitu.
Kantong gel, kompres gel, apa sih namanya, tau maksudku nggak?


Hmmm... comment ku kali ini nggak bermutu tapi aku juga ngga tau mau bilang apa.
Kalo besok anakku sakit, mungkin aku panik nangis duluan tapi nggak tau mau berbuat apa....

Vivi said...

Well, I thought, hei it's only for three hours! hhh...i suppose we have to wait till she's at least nine months before we give it another shot. In the meantime, we'll just take her to her grandparents' houses.

and it's kinda difficult to write in Indonesian. I don't want to be rude and wrote everything in suroboyoan, but at the same time, want to keep my integrity and avoid saying, saya kemudian bla bla bla...

anyway, benere sudah mau beli kompres dulu itu, tapi takut ngalup. tau toh, orang gak sakit dibeliin kompres ntik tau tau sakit beneran...hehehehe...

imoet said...

Well done, new mama (^_-)

Iki ya sakit sekarang. Abis aku bawa main di playgroundnya department store 2 hari lalu. Bahkan di jepang yang katanya udara lebih bersih dari Indonesia juga banyak virusnya hihihi. Emang gak enak ngeliat anak sakit, lebih gak enak ngurusnya soalnya pasti super rewel. Tapi kalau itu salah satu prosesnya dia biar punya antibody ya gimana lagi. aku sih dari Iki umur 3 bulan dulu tiap hari aku bawa keluar. sekarang ya jarang sakit, tapi ya tetep ae kena virus. so why would u wait until 9 months? ;-)

vini said...

iya...di jepang ini anak 1 bulan udah dibawa keluar. gak habis pikir....terus anak juga gak dikaoskaki i, waktu aku nanya knp, mrk bilang supaya anak bisa adjust suhu tubuh ne dengan suhu udara. wes mboh lah...terus ndek indo, lek arek cerewet ngomong dibilang pinter, nek ndek jepang, arek lek diem dibilang pinter soale arek diem itu mikir katane...iya nek mikir....nek...???? terus anake koncoku mosok toh ngemut sepatu!!!! gitu ya gak diambil sepatune. mau tak ambil wong duduk anakku ya toh!! terus nek ndek gerejaku itu digelar selimut gitu buat bayi2. aduh aku gak habis pikir. itu selimut ditaruh di gudang gereja, pasti ada kecoak, tikus mungkin dsb. aku gak bakal taruh bayiku di sono. aku bawa selimut dewek dari rumah!!

anyways, japanese ways of bringing up the children is different from indonesian. if my mother in law helps me bringing up my child, i will not criticize her ways. i will get along. but if i think sth is not right (which is very unlikely), i always remind my husband, he is my child, so i decide.

Vivi said...

huahuahuaaa...i suppose ngadepi anak sakit pertama kali, then you really are becoming a mom huh?

aku mau nunggu 9 bulan soale bener-bener kuatir kalo dia sampe sakit lagi. amit amit jabang bayi lanang wedhok. mungkin karena gak pernah dibawa ke tempat umum sebelume. anake temenku sama anake sepupuku, Lia, umur 1 bulan sudah dibawa ke mall.

tapi mungkin setelah ini lebih sering dibawa pergi ke rumah emak engkongnya hehehe...bayangin, selama 6 bulan ini, dia dibawa keluar selain ke dokter cuman 3 kali. mungkin gara gara itu be'e ya, jadi gak tahan.

aku ya pasti gak mungkin pake fasilitas umum kaya digerejamu ya toh ce! bukan apa-apa, sekarang ini Felicia lagi hobi ngemut...selimut, guling, bantal, boneka, pipiku, semua di mut. lah kalo selimut di gereja itu emang dicuci tiap kali habis dipake?

oh well...

imoet said...

oh ya??? baru tahu aku tentang anak diem ato cerewet itu. lah iki yang cenderung lebih diam mesti ama ibu2 ditanyain: anaknya kok pendiam ya...? apa takut orang asing?!

fasilitas umum gerejamu mengerikan ah!!! didaerahku untungnya orang2 kebanyakan clean freak. anak belepotan dikit ae langsung dilap, kalo anaknya ngemut sesuatu gak seharusnya diemut langsung diambil trus dibersihin. makanya ceritanya vini bikin kaget. kayak gak di jepang ae :p